Friday, June 18, 2010

KEYBOARD DAN SPEAKER SEBAGAI PENDETEKSI KERUSAKAN ALAT

1. Motherboard atau Processor atau keduanya mengalami kerusakan:

Kondisi ini terjadi bila Lampu Keyboard (Num Lock) tidak menyala atau bila kita tekan Num Lock atau Caps Lock lampu tidak menyala, dan speaker tidak berbunyi.

2. Memory (RAM) rusak/Eror atau Kendor

Kondisi ini terjadi bila Lampu Keyboard (Num Lock) tidak menyala atau bila kita tekan Num Lock atau Caps Lock lampu tidak menyala, tetapi speaker berbunyi nyaring (bep yang berulang-ulang).

Bila terjadi yang demikian, coba pasang ulang Memory (RAM) anda dan kencangkan. Bila perlu, bersihkan dengan penghapus ballpoint (Lihat: Penghapus, juga bisa menjadi alat servis). Bila tidak juga, terpaksa anda mengganti RAM anda.

3. VGA Card atau Monitor rusak/eror atau kendor

Kondisi ini terjadi bila Lampu Keyboard (Num Lock) menyala atau bila kita tekan Num Lock atau Caps Lock lampu menyala, dan speaker berbunyi sekali (bep) tidak berulang-ulang.

Bila hal ini terjadi, coba kencangkan kembali VGA Card anda, bersihkan jika perlu dengan penghapus ballpoint dan pasang kembali.

Pada monitor, monitor saat ini memakai system OSD (On Screen Display). Pada monitor OSD, bila anda lepaskan kabel data yang terhubung dengan komputer akan terdapat tulisan No Signal pada layar anda (atau tulisan semacamnya). Itu artinya monitor anda baik-baik saja.

Sumber : Awiek Hadi Widodo

Artikel yang berhubungan



No comments:

Post a Comment

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008